Ikan

Agni memberi tahu Vashishtha tentang kisah inkarnasi ikan.

Bertahun-tahun yang lalu, seluruh dunia hancur.  Penghancuran sebenarnya meluas ke ketiga loka (dunia) bhuloka, bhuvarloka dan svarloka.  Bhuloka adalah bumi, svarloka atau svarga adalah surga dan bhuvarloka adalah wilayah antara bumi dan surga. Semua dunia di sana dibanjiri air.

Vaivasvata Manu adalah putra dewa matahari.  Dia telah menghabiskan sepuluh ribu tahun dalam doa dan tapasya (meditasi) di pertapaan Badrika.  Pertapaan ini berada di tepi sungai Kritamala.

Suatu kali Manu datang ke sungai untuk melakukan wudhu. Dia membenamkan tangannya ke dalam air untuk mengambil air untuk wudhu.  Ketika dia membuka tangannya, dia menemukan ada seekor ikan kecil berenang di air dalam tangannya.

Manu akan melemparkan ikan itu kembali ke air, pada saat yang bersamaam ikan itu berkata, “Jangan lemparkan aku kembali. Aku takut pada buaya dan ikan besar. Selamatkan aku.”

Manu menemukan pot tanah di mana ia bisa menyimpan ikan tersebut. Namun segera ikan itu menjadi terlalu besar untuk pot tersebut dan Manu harus menemukan wadah yang lebih besar di mana ikan itu bisa disimpan. Tetapi ikan kembali menjadi terlalu besar untuk wadah ini dan Manu harus memindahkan kembali ikan itu. Tetapi ikan itu tumbuh dan tumbuh terus menjadi terlalu besar untuk diletakkan di danau. Akhirnya Manu memindahkan ikan itu ke laut. Di lautan, ikan itu tumbuh hingga menjadi raksasa.

Sekarang hal itu membuat Manu bertanya-tanya dengan penasaran. Dia berkata, “Siapa kamu? Kamu pastilah Dewa Wisnu, aku sujud di hadapanmu. Katakan padaku, mengapa kamu menggoda aku dalam bentuk ikan?”

Ikan itu menjawab, “Saya harus menghukum yang jahat dan melindungi yang baik. Tujuh hari dari sekarang, lautan akan membanjiri seluruh dunia dan semua makhluk akan dihancurkan. Tetapi karena Anda telah menyelamatkan saya, saya akan menyelamatkan Anda. Ketika dunia  kebanjiran, sebuah kapal akan tiba di sini. Bawalah saptarshis (tujuh orang bijak) dengan perahu itu. Jangan lupa membawa biji-bijian makanan bersamamu. Aku akan tiba dan kamu kemudian harus mengencangkan perahu itu ke tandukku dengan seekor ular besar.”

Setelah mengatakan hal ini, ikan itu menghilang.

Semuanya terjadi seperti yang dijanjikan ikan.  Lautan menjadi bergejolak dan Manu naik ke perahu. Dia mengikat perahu itu ke tanduk besar yang dimiliki ikan tersebut. Dia berdoa kepada ikan itu dan ikan itu menghubungkan Matsya Purana dengannya. Akhirnya, ketika air surut, kapal itu berlabuh di puncak Himalaya. Dan makhluk hidup diciptakan ulang sekali lagi.

Seorang danava (iblis) bernama Hayagriva telah mencuri teks-teks suci Veda dan pengetahuan brahman. Dalam bentuk ikan, Wisnu juga membunuh Hayagriva dan memulihkan Veda.

Kembali ke: Agni Purana

One thought on “Ikan

Leave a comment